Senin, 09 Agustus 2010

KORANG (SEAFOOD ASLI TANJUNG BALAI)

Korang (kerang) ada beberapa macam, ado korang bulu,ado korang daguk,ado bare,ado kamudi kapal (kata orang kota Kerang Hijau).ado kopah (kepah),ado panggang pulut (tiram).
Kerang bulu ada dua jenis
1. bulat montok,padat dan besar-besar (bahasa Tanjungbalainya kasar-kasar),berbulu kulitnya dan berwarna hitam
2. agak pipih dari yang pertama,sedang-sedang ukurannya,bulunya agak jarang berwarna hitam.
3. lonjong memanjang, sedang-sedang ukurannya bahkan banyak yang kecil-kecil (orang Tanjungbalai menyebutnya korang nibung)

Kerang daguk
Bentuknya sungguh berbeda dengan kerang bulu, kerang ini nyaris tak berbulu (kulitnya),tekstur kulitnya lebih kasar dan keras, tebal dan bergerigi.Ukurannya sebesar kelereng atau lebih sedikit,warnanya abu-abu kehijau-hijauan, dagingnya lebih halus dan lembut dibanding daging kerang bulu (yang lebih kenyal)

Bare, bentuknya pipih dan kecil-kecil,berbulu pada pinggiran kulitnya dan pinggiran dagingnya,memiliki ekor yang kulit ekornya seperti plastik (didalamnya ada daging ekor).Berwarna putih tulen.

Kamudi kapal (Kerang hijau), bentuknya pipih memanjang (bak bentuk kemudi sampan jaman dulu),berwarna hijau kehitam-hitaman,ukurannya jauh lebih besar dari kerang lainnya.Dagingnya lunak berwarna kuning,hitam dan kemerah-merahan.

Kopah, berbentuk opal,pipih,ukurannya lebih kurang sama dengan kerang daguk,kulitnya tebal dan keras,mulus tak berbulu dan berkilauan,berwarna putih dan campuran abu-abu putih.Dagingnya lembut dan agak berlendir sebelum dimasak

Panggang pulut (sejenis Tiram), bentuknya seperti logo produsen oli (Shell), isinya lebih kurang hampir sama dengan Kopah.

Bagaimana orang Tanjungbalai mengkonsumsinya ?
Direbus dan dimakan dengan sambal,bisa sambal cabai/bawang/asam jeruk, bisa dengan sambal khas yakni adonan cabai,bawang merah,bawang putih,,kacang goreng tumbuk,pasta nenas matang,saos tomat,garam,kecap.Biasanya kerang lebih disukai jika direbus setengah matang.
Disambal goreng (goreng sambal),biasanya untuk ini lebih dipilih kerang bulu,kerang hijau,kepah.
Digulai santan (istilah orang Tanjungbalai digule lomak), biasanya dipilih kerang bulu,kepah,kerang hijau
Dianyang, kepah mentah yang telah dibumbui dibalur dengan kelapa parut gongseng,garam,irisan bawang merah dan perasan asam jeruk.
Dibuat sate kerang dengan bumbu khas yang terdiri dari kelapa parut halus yang digongseng,batang serai giling,garam,cabai,bawang dsb.Tampilannya biasanya ditusuk dalam bentuk dagingnya yang utuh.
Tentang Panggang pulut, biasanya dibakar besama kulitnya dimakan dengan sambal, tetapi umumnya jarang dimakan oleh masyarakat Tanjungbalai.
Bagaimana cara orang Tanjungbalai merebus kerang bulu dan kerang daguk
Bukan kerangnya langsung direbus,air rebusannya yang dimasak,setelah mendidih (istilah orang Tanjungbalai Manggalogak) kerangnya ditaruh dalam keranjang bambu kecil dan dicelp rendamkan diair panas yang tetap dibiarkan diatas api.Setelah masak atau setengah masak lalu diangkat dn disajikan.Itu untuk masakan Kerang Rebus Khas Tanjungbalai. Kalau untuk rumahan atau konsumsi sehari-hari ada yang langsung direbus.
Kini Warung-warung Kerang Rebus khas Tanjungbalai itu sudah bertebaran dikota-kota lainnya, seperti Medan dll.

Oii mak jang...sodapnyo, mangicap lidah awak !
Menitik air liur awak...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sampaikan komentar anda yang bersifat membangun dan mendidik.